Jenis-jenis Bisnis MLM Yang Harus Anda Perhatikan

Written by  on April 19, 2013 

Sebagaimana anda ketahui saat ini banyak sekali bisnis MLM yang menawarkan program-program usaha. Mulai dari MLM yang bergerak dalam bidang investasi, pendistribusian produk kesehatan semacam supplement, vitamin dan sebagainya sampai dengan MLM arisan berantai. Diantara MLM tersebut ada yang benar-benar MLM yang di jalankan secara profesional, ada yang berupa “HOAX”, ada yang berupa SCAM dan lain sebagainya.

Apa Yang Harus Anda Perhatikan?

Ada beberapa hal penting yang wajib di perhatikan seperti:

  1. Legalitas
  2. Management, Tekhnik metoda pemasaran
  3. Prospek bisnis

Legalitas MLM

Blog ini kami hadirkan untuk memberikan masukan kepada masyarakat (blog pemerhati konsumen) tentang hal-hal yang terjadi, di jalankan di dunia maya oleh karena itu kami akan membarikan masukan tentang MLM. Secara mendasar sebuah usaha pasti di bangun melalui landasan legalitas. Apa itu legalitas? legalitas adalah pengakuan resmi yang di berikan oleh instansi terkait yang biasanya memiliki kewenangan dalam otorisasi di sebuah negara atau wilayah.

Kegiatan apapun yang telah memiliki legalitas pasti telah melewati beberapa ujian yang di berikan. Jika berhasil melewatinya maka surat izin menjalankan kegiatan akan di keluarkan. Pun demikian dengan bisnis MLM harus memiliki legalitas.

Ada beberapa perusahaan MLM yang tidak memiliki legalitas sehingga tidak di ketahui siapa yang bertanggung jawab dan ada pula perusahaan MLM yang memiliki legalitas semacam Morinda, 4Life Transfer Factor, Jelly Gamat dan beberapa perusahaan MLM besar lainnya.

Management, Tekhnik Metoda Pemasaran

Bila anda pernah mendengar CNI yakni MLM yang bergerak dalam bidang pemasaran Supplement dan Vitamin pada awal tahun 2000 mengalami perkembangan yang cukup drastis tapi saat ini hampir di pastikan geliat CNI tidak lagi terdengar. Mengapa hal itu terjadi? jawabannya sederhana saja karena management dan tekhnik pemasaran tidak di desain untuk jangka waktu yang lama, banyak sekali produk variasi dari produsen lain yang beredar di pasaran dan lain sebagainya.

Hukum ekonomi mengatakan:

Harga akan menjadi mahal jika penawaran lebih sedikit dari permintaan dan harga akan menjadi turun jika penawaran lebih banyak dari permintaan

Kolerasi dengan MLM adalah bila perusahaan terus memproduksi tanpa memikirkan sirkulasi pendistribusian dan persaingan antar member lambat laun akan mengalami penurunan revenue.

Ada yang menarik dari salah satu MLM yang menawarakan produk obat kanker yakni Naturally Plus yang menjual berbagai macam obat herbal yang menerapkan batasan pembelian perbulan kepada membernya. Setiap member hanya boleh membeli up to 6 paket produk langsung ke perusahaan setelah itu perusahaan tidak menjualnya kembali artinya member yang telah berbelanja sebanyak 6 paket dan ingin membeli lagi harus membelinya melalui member yang lain.

Dengan demikian tentu saja sirkulasi pendistribusian akan berjalan sehat dan terjadi komunikasi yang berkesinambungan antar member. Bila hal ini terjadi tidak heran jika MLM Jelly Gamat tetap stabil dan berkembang perlahan tapi pasti.

Prospek Bisnis

Belajar dari CNI yang sekarang mulai meredup anda harus pandai dan extra ketat dalam menentukan perusahaan MLM mana yang bisa anda jadikan partner untuk jangka waktu yang lama setidaknya untuk 20 tahun kedepan.

Saat ini banyak sekali produk-produk alternatif yang banyak beredar di seluruh dunia yang pada tahun-tahun kemuka akan menjadi sebuah peluang usaha yang sangat positif.

Category : Bisnis

Tags :